Logika Fuzzy untuk Prediksi Outflow Waduk (1)

Konsep Fuzzy Logic ( Logika Fuzzy )

Berkutat dengan Study Pustaka untuk tesis sangat melelahkan. Apa salahnya agar tidak mudah lupa dan memiliki arsip yang bisa dibuka lagi oleh kita sendiri maupun pembaca lain yang berminat, saya coba menuangkan ke dalam tulisan di blog ini. Mohon maaf, untuk yang males berpikir jangan lanjutkan bacanya ( hehe😀 ).

Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Di mana logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah binary (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.

Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti “sedikit”, “lumayan”, dan “sangat”. Dia berhubungan dengan set fuzzy dan teori kemungkinan. Dia diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh dari Universitas California, Berkeley pada 1965.

Prof. Lotfi Zadeh

Prof. Lotfi Zadeh

(Source : Wikipedia)

Perbedaan Temperatur dalam Logika Fuzzy

Perbedaan Temperatur dalam Logika Fuzzy

Dalam gambar di atas, keanggotaan himpunan Cold adalah dibawah daerah dengan garis warna biru, Warm warna Orange dan Hot warna Merah. Ada intersection (potongan) dari masing-2 himpunan. Hal ini menunjukkan bahwa suatu nilai temperatur (sumbu X) bisa masuk dalam himpunan Cold maupun Warm. Hanya nilainya berbeda dengan range 0 sampai 1 (sumbu Y).

Nilai keanggotaan dalam fuzzy logic

Nilai keanggotaan umur dalam fuzzy logic

Dalam gambar berikutnya seseorang yang berumur 40 tahun diasumsikan bahwa nilai keanggotaan 40 dalam himpunan muda = 0,25. Sedangkan nilai keanggotaan 40 dalam himpunan Parobaya = 0,5. Dalam teori boolean klasik, hanya ada pilihan ya atau tidak, misalnya bila A=(1,3,5,7) maka 1 adalah anggota A = Ya. Sementara 2 sebagai anggota A = Tidak. Lalu bagaimana dengan pertanyaan apakah umur 40 termasuk muda? Tidak cukup hanya dijawab dengan Ya atau Tidak. Inilah solusi yang dijawab oleh System Fuzzy Logic.

Untuk lebih jelasnya, langsung download ke TKP CONTOH SOAL dan PENYELESAIAN LOGIKA FUZZY (File doc ukuran 73,8 kb).

Lalu apa hubungannya dengan outflow waduk😉 ? Pada system operasi waduk dikenal istilah Inflow (pemasukan air ke waduk / reservoir), Elevasi (ketinggian muka air) dan Outflow (keluaran atau Release air waduk). Inflow bisa dari Sungai, Air Hujan, Daerah Tangkapan Air. Outflow merupakan peruntukan air waduk. Bisa digunakan untuk irigasi, air baku, dan PLTA. Ketiga hal inilah yang biasa digunakan untuk SIMULASI waduk. Dan kali ini saya integrasikan ke Logika Fuzzy (untuk selanjutnya disebut Variabel) yang masing-masing akan memiliki himpunan. Contoh penerapannya adalah Variable Inflow memiliki himpunan (anggap saja) Kecil, Sedang, Besar. Penentuan range Kecil (inflow berapa saja yang masuk kecil), Sedang dan Besar akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Tunggu bla-bla lain tentang waduk dan logika fuzzy yang masih segudang ….😦

TO BE CONTINUED

Artikel lain : Cara mengganti gambar foto dengan Photoshop
                           Google-adsense-support-bahasa-indonesia
                           Mengintegrasikan-internet-download-manager-idm-ke-firefox-13

Tentang Nasyiin

Jika tidak bisa memberi manfaat pada orang lain, minimal tidak memberinya mudharat. # Suka komputer, Civil Engineering utamanya sumberdaya Air ^_^
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kuliah S2, Materi Kuliah, Tugas dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Logika Fuzzy untuk Prediksi Outflow Waduk (1)

  1. nining berkata:

    numpang tanya pak, fuzzy logic juga bisa di aplikasikan ke valve dengan penggerak motor DC pada pengendalian level air kan pak? boleh mintak paper fuzzy logic sebagai bahan referensi pak?

  2. ida berkata:

    Numpang tanya Pak,
    kalau kita hubungkan dengan simulasi/optimasi, logika fuzzy ini lebih ke simulasi atau ke optimasi Pak?
    terimakasih,

    • P. Nas berkata:

      Untuk diterapkan di waduk, menurut dosen pembimbing saya Fuzzy Logic lebih ke simulasi, karena hasilnya masih harus dianalisis unjuk kerjanya (kehandalan, kelentingan, kerawanan). Tapi untuk kasus tertentu menurut saya bisa sebagai metode optimasi (contoh dari file doc yang saya upload di atas). Menurut salah satu narasumber yang pernah saya baca (nanti saya kirim lewat email) penggunaan Logika Fuzzy hanya untuk system kontrol PLTA. Siapa tahu, dari penelitian saya ternyata terbukti bahwa release yang dihasilkan adalah optimal. Sementara ini nurut dulu ma dosennya, demi kelancaran study he he🙂.
      Saya tunggu pendapat anda mbak. Makasih udah menyempatkan baca…
      Salam

      • ida berkata:

        wah iya ya, setelah saya baca contoh yang di file word, Fuzzy Logic merupakan optimasi ya. Kalau untuk system kontrol PLTA, berarti yang dicari berapa energi yang bisa dibangkitkan, atau bukan?
        dan kalau waduknya multipurpose, fuzzy logic ini bisa dipakai atau lebih pas untuk single purpose (PLTA)?

        Mohon maaf nih, banyak nanya terus, soalnya belum pernah belajar fuzzy logic. Mungkin bisa diskusi lagi setelah saya baca paper fuzzy logic untuk PLTA….🙂

        • P. Nas berkata:

          Untuk PLTA bisa dicari energi yang dibangkitkan, dari Release Outflow PLTA yang merupakan output Fuzzy (disini Optimasi). Energi / daya yang dibangkitkan merupakan fungsi dari Release PLTA tsb, Tinggi Jatuh dan Efisiensi… P = Q.g.H Dengan memperhitungkan efisiensi turbin, Daya turbin (P) = 9,8.Ef.Q.H. he he maaf kalo sok tahu😀
          Dalam paper Fuzzy logic 4 Hydropower Control diterapkan pada waduk multi purpose yaitu untuk PLTA dan Irigasi.
          Demikian kalo ada yang salah mohon dibetulkan🙂
          Oh ya… saya udah baca2 file excel pada Reservoir Operation Simulation… Yang seri berikutnya berarti untuk Multipurpose ya?… Tapi yang itu pun sudah sangat pas dengan yang saya perlukan, karena Waduk yang saya teliti kebetulan Single purpose (PLTA)….
          Thx alot

Silakan tinggalkan komentar anda di sini:D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s